4 Tahap Kesadaran Diri


1. Tidak pernah merenung / instropeksi diri. Pada tahap ini seseorang tidak pernah menyadari bahwa diri sendiri telah melakukan kesalahan. Mereka selalu menyalahkan orang lain dan tidak pernah merasa diri sendiri melakukan kesalahan. Ini adalah tahapan yang paling rendah dari kesadaran diri.

2. Tahapan kedua adalah tahu diri sendiri salah, tapi tidak pernah mau mengakuinya, dan juga tidak ingin orang lain men-judge dirinya. Tahapan ini masih sedikit lebih baik dari tahapan pertama, karena minimal orang di tahap ini mengetahui di dalam dirinya bahwa dia salah, walaupun dia tidak mengakuinya.

3. Tahapan ketiga adalah mengetahui diri sendiri salah, dan berani mengakuinya, tapi tidak ingin membicarakannya dengan orang lain, atau tidak ingin berdiskusi dengan orang lain untuk mencari win-win solution dengan orang lain.

4. Tahapan yang paling tinggi adalah mengetahui bahwa diri sendiri melakukan kesalahan, berani mengakuinya di hadapan orang lain dan bersedia minta maaf serta mau mendiskusikannya dengan orang lain untuk mencari win-win solution, juga supaya kelak tidak melakukan kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Di tahapan ini orang bisa memperbaiki diri sendiri untuk mengarah ke kehidupan yang lebih baik.

Jadi di tahap kesadaran manakah Anda berada saat ini? Mari kita selalu instropeksi diri untuk ke arah kehidupan yang lebih baik.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama