Kazuo Inamori (稻盛和夫)


Kazuo Inamori (lahir pada tanggal 21 Januari 1932) adalah seorang filantropi dan pengusaha yang berasal dari Jepang. Kazuo Inamori memulai memulai semua usahanya dari dari nol, dan berhasil membawa 3 perusahaan di bawah naungannya masuk ke dalam The Fortune Global 500, dan juga menjadi salah satu orang yang pernah menyelamatkan ekonomi Jepang dari kehancuran.

Kazuo Inamori membangun perusahaan Kyocera Corporation pada tahun 1959 saat berumur 27 tahun. Kyocera Corporation adalah sebuah perusahaan multinasional Jepang yang bergerak di bidang keramik dan manufaktur elektronik yang berpusat di Kyoto, Jepang. 

Pada saat berumur 52 tahun, Kazuo Inamori membangun perusahaan telekomunikasi yang bernama KDDI Corporation. KDDI Corporation adalah salah satu provider selular terbesar di Jepang saat ini.

Setelah semua kesuksesan yang dicapai dalam hidup, Kazuo Inamori memutuskan untuk meninggalkan duniawi dan menjadi seorang Biksu Zen selama 13 tahun untuk mencari jati diri dan tujuan hidupnya.

Pada tahun 2010 ketika Kazuo Inamori berumur 78 tahun, terjadi gejolak ekonomi di Jepang, sekali lagi beliau kembali untuk menyelamatkan ekonomi Jepang dari kehancuran. Kazuo Inamori kembali ke dunia bisnis dan menjadi CEO dari Japan Airlines yang saat itu berada di ambang kebangkrutan. Hanya dalam 1 tahun di bawah kepemimpinan Kazuo Inamori, Japan Airlines yang sebelumnya di ambang kebangkrutan mengalami pertumbuhan profit sebesar 28 milyar dollar.

Kazuo Inamori adalah satu-satunya pengusaha di dunia yang berhasil membawa 3 perusahaan sekaligus ke dalam The Fortune Global 500. Setelah pensiun dari dunia bisnis, beliau menyumbangkan semua sahamnya ke semua karyawannya dan ke Inamori Foundation.

Di tengah masa pensiunnya, Kazuo Inamori menghabiskan waktunya untuk menuangkan semua pengalaman bisnis dan filsafat hidupnya dalam 2 buah buku yang berjudul "A Compasss to Fulfillment" dan "A Passion for Success". Kata motivasi yang paling terkenal dari Kazuo Inamori adalah "Untuk mencapai sukses dibutuhkan passion dalam mengerjakan apa yang Anda kerjakan". Jadi sudahkah Anda menemukan passion dalam hidup ini untuk mencapai kesuksesan dalam hidup ini?  #xk

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama