Self Discipline

Self Discipline atau disiplin pada diri sendiri adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan kesuksesan hidup seseorang. Lalu apakah self discipline itu?

Self discipline itu bukan sebuah konsep, melainkan sebuah alat yang akan membantu Anda untuk mewujudkan segala harapan (desire) dan impian (dreams) Anda.

Self discipline adalah sebuah prinsip hidup untuk selalu bertindak disiplin pada diri sendiri. Seseorang yang memiliki self discipline yang tinggi tidak akan menghabiskan waktunya secara sia-sia, juga tidak akan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi hidupnya. Setiap waktu yang ada akan dimanfaatkan untuk belajar dan berkembang (melakukan sesuatu untuk pengembangan diri).

Jika Anda ingin punya penghasilan yang cukup untuk hidup Anda, maka Anda tidak akan punya waktu untuk bersantai-santai ria, tidak akan menghabiskan waktu untuk sekedar main game atau atau sekedar malas-malasan tidur siang. Anda akan berjuang sekuat tenaga Anda untuk membuat hidup Anda lebih bermakna.

Bukan berarti kita tidak boleh ada sekedar hiburan untuk hidup kita, tentu saja hidup ini harus balance antara kerjaan dan hiburan. Namum seseorang yang memiliki self discipline yang tinggi akan selalu bisa menentukan prioritas dalam hidupnya. Ada sebuah pribahasa yang mengatakan “menjadi dewasa adalah melakukan apa yang harus Anda lakukan walaupun Anda merasa tidak ingin melakukannya”. Seseorang yang memiliki self discipline yang tinggi adalah seseorang yang dewasa, yang bisa membedakan apa yang harus dikerjakan dalam hidup dia terlebih dahulu sebelum dia bersantai ria.

Seseorang yang tidak memiliki self discipline akan selalu tergoda untuk menghabiskan waktunya secara sia-sia seperti main game seharian, nonton acara tv yang tidak bermanfaat seharian, lalu tanpa terasa waktu seharian telah berlalu tanpa melakukan sesuatu yang berarti bagi dirinya.

Self discipline bukanlah sesuatu yang alami. Self discipline adalah sesuatu yang muncul di dalam diri Anda ketika Anda memiliki tekad yang kuat untuk mengubah hidup Anda menjadi hidup yang lebih baik. Jadi sudah siapkah Anda untuk menjadi lebih disiplin bagi diri Anda sendiri?

Kuatkan tekad dalam diri Anda. Jika Anda kebingungan apa yang harus Anda lakukan setiap harinya, maka bertekadlah untuk berdisiplin atas hidup Anda. Bertekadlah untuk bangun lebih pagi setiap harinya dan berolahragalah, lalu baca buku untuk pengembangan diri Anda. Walaupun Anda tetap tidak menemukan tujuan hidup Anda dengan olahraga dan membaca buku, minimal Anda telah membuat hidup Anda menjadi lebih sehat baik secara jasmani maupun rohani, sehingga kelak ketika ada kesempatan yang datang secara tiba-tiba, Anda telah siap untuk menyambut setiap kesempatan bisnis yang ada.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama